Mengenal KH. Ahmad Mughnie bin KH. Ismail Sang Ayah dari KH. Muhammad Bakhiet Barabai

Barabai sangat bersyukur dan bangga mempunyai seorang ulama besar bernama KH. Muhammad Bakhiet yang kharismatik dan tersohor bergelar Ustad 232. Sepak terjang dakwah beliau memang tidak diragukan lagi, dimana beliau mendirikan beberapa majelis ta’lim yang selalu ramai dikunjungi oleh para jamaahnya. Dua yang terbesar adalah majelis Ta’lim Barabai yang diselenggarakan di pesantren yang didirikan oleh beliau yakni Nurul Muhibbin yang ada di Kitun, Barabai Darat. Kemudian ada lagi Majelis Ta’lim yang diselenggarakan di Balangan yang juga diselenggarakan di Pondok Pesantren Nurul Muhibbin yang bertempat di Balangan.

KH. Muhammad Bakhiet merupakan seorang putera dari sosok ulama besar yang bernama KH. Ahmad Mughnie bin KH. Ismail bin KH. Muhammad Thahir yang lebih dikenal dengan julukan Ayah Negara. Demikianlah sosok KH. Ahmad Mughnie sering disebutkan sebagai nama panggilan terkenal beliau.

KH. Ahmad Mughie sendiri dilahirkan di Negara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Mengenai kapan tanggal lahirnya hingga saat ini admin belum mengetahuinya. Namun, sumber di internet juga ada yang menyebutkan bahwa beliau dilahirkan di desa Pasungkan kecamatan Daha Utara kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Pendidikan agama dan adab sudah dipelajari beliau selagi masih kecil yang tentunya diajarkan oleh sang ayah. Dimana sang ayah sendiri juga terkenal sebagai salah satu ulama besar yang ada di Negara Kabupaten Hulu Sungai Selatan kala itu. Hal ini membuat tidak heran banyak orang jika ketika beranjak remaja, beliau sudah mengenal dan menguasai berbagai ilmu  agama baik itu secara zahir maupun batin.

Disebutkan dalam berbagai referensi, ilmu agama yang didapatkan oleh beliau tidak hanya didapat dari dalam negeri atau di Negara saja bersama ayahnya. Dirinya pun juga berguru agama hingga ke Mekkah. Dimana dalam proses belajarnya di Mekkah beliau sempat menyelenggarakan ibadah hajis sebanyak 7x. Adapun beberapa guru yang sempat didatangi beliau untuk belajar ilmu agama antara lain seperti :

Syaikh Umar Hamdan Al-Mahrasi At-Tunisie

Syaikh Sayyed Muhsin Al Musawa

Habib Alwi bin Abbas Al-Maliki

Syaikh Sayyed Amin Al-Kutbi

Syaikh Hasan Al-Masyath

Setelah beberapa tahun menimba ilmu di Mekkah akhirnya beliau pulang ke Tanah Air dalam hal ini ke Negara pada tahun 1933. Dimana kala itu, beliau mendengar kabar secara khasyaf bahwa ayahanda tercinta beliau tengah sakit keras.

Sebaliknya dari Mekkah untuk belajar agama, KH. Ahmad Mughnie pun kemudian mengejarkan banyak ilmu agama kepada para santrinya. Selain mengajar di Barabai yang kala itu bertempat di Walangku kecamatan Labuan Amas Utara (HST), beliau pun juga mengajarkan ilmu agama di desa Penyuran Amuntai (HSU).

Sebagai ulama, beliau dikenal sebagai sosok yang tawadhu’, wara’ serta sangat memiliki kedisiplinan akan waktu. Dalam penyampaian dakwah, beliau juga dikenal di masyarakat sebagai tokoh ulama yang arif serta bijaksana. Kemudian juga dikenal sebagai sosok yang dermawan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *