Mengenal Tugu Jam yang Ada di Pusat Kota Barabai

Barabai.ID – Salah satu monumen atau tugu yang ada di Barabai yang sudah mulai dilupakan atau bisa jadi hilang dari pengetahuan masyarakat Barabai adalah Tugu Jam atau Monumen Jam. Meski memang pada awalnya diberi nama Tugu Jam, namun saat ini jam yang dimaksud ternyata sudah tidak tampak atau tidak ada lagi. Kemana? Entahlah. Hal ini jelas dan tak mengherankan jika banyak masyarakat yang bahkan tinggal dan berada di depan monumen ini sendiri tidak tahu bahwa di depan mereka ada sebuah tugu atau monumen yang bernama Tugu Jam. Seperti apa kisahnya? Berikut barabai.id kutip dari sumber Sinalinali :

Tugu Jam terakhir diambil gambarnya pada tahun 2013

Tugu jam merupakan salah satu tugu atau monumen yang bisa dibilang sangat tua di Barabai. Dimana bangunannya sendiri sangat kokoh berdiri di hilir mudiknya orang yang beraktifitas di Kota Barabai. Dimana pada zaman dulu, lokasi tempat berdirinya Tugu Jam ini sendiri merupakan pusat terminal antar kota atau yang bisa disebut dalam bahasa Barabai atau Bahasa Banjar adalah tempat Taksian Mutur. Alhasil, keberadaan tugu jam sendiri berpengaruh penting dan sangat bermanfaat bagi para masyarakat yang berada disana untuk mengetahui waktu. Hal ini jelas tak mengherankan pasalnya pada jaman itu tak banyak orang yang bisa memiliki arloji alias jam tangan.

Tugu jam saat ini sudah tidak ada lagi jamnya

Mengenai bagaimana ceritanya hingga tugu jam ini dibangun memang tidak banyak yang bisa diketahui, pasalnya banyak orang atau masyarakat Barabai yang tidak tahu akan tugu jam tersebut. Namun, dari sumber yang dapat dipercaya bahwa Tugu Jam ini sendiri bisa dibilang berusia cukup tua. Pasalnya disebutkan bahwa Tugu Jam ini sendiri dibangun hanya beberapa saat setelah dibangunnya Tugu Keris yang ada di Taman Dwi warna Barabai saat ini. Ada yang menyebutkan bahwa Tugu Jam tersebut dibangun pada tahun 1954 atau 4 tahun berselang dibangunnya Tugu Karis.

Pada saat dibangunnya Tugu Jam ini sendiri, Barabai memang belum menjadi kabupaten, dimana posisi Barabai sendiri menjadi salah satu wilayah yang termasuk dalam Kewedanaan Hulu Sungai Selatan yang beribukota di Kandangan. Disebutkan juga pada masa pembangunannya Barabai hanya dipimpin oleh Camat yang bernama Muis. Mengenai siapakah camat Muis belum ada data yang bisa diangkat ke permukaan.

Tags:
author

Author: 

Ulun neh kada lain kada bukan adalah anak nang bangaran Yazid Fahmi. Disa kalahiran ulun Gayaba. Mun kada tahu di Gayaba cobai ae andika mamakai acil gugil. Lamun kadada jua, baikhtiar ae balalah ka Disa Limpasu, Disana banyak haja nang tahu lawan Gayaba, mun lawan Yazid ada dua talu nang bangaran Yazid disana. Nitu haja dahulu panganalan diri ulun niya mun handak tahu ulun minta pin BB atau Nomor Hapi pian ae. hehehe

Related Posts

Leave a Reply